Rabu, 27 September 2017

Kata Babehku aku Budek

Kata Babehku aku Budek



Kemarin iseng-iseng saya sengaja mengetest babeh saya...., 

Saya ingin tahu gimana reaksi babeh saya, ketika saya di panggil olehnya, saya tidak menyahut (alias pura-pura diacuhin/diabaikan seruan babeh saya itu)
.
posisi saya saat itu dibelakang (ditaman), dibelakang rumah saya ada taman kecil, untuk nongkrong sambil ngopi-ngopi.

Ketika saya sedang santai minum kopi sambil melihat pemandangan bunga-bunga yang ditanam ibu saya, memandang ikan-ikan yang dipelihara babeh saya, sesekali menikmati kicauan burung peliharaan babeh, subhanAllah suasana tenang dan damai. Enggak tahu kenapa terbesitlah kisah ini yang insya Allah memberi hikmah...

INILAH KISAHNYA (Selamat Menikmati)

Saya : (ah pengen ngetest babeh ah...., pengen tahu nih reaksi babeh bagaimana kalau saya dipanggil babeh maka saya tidak menyahut/mengabaikan saja panggilan babeh).

(ditunggu-tunggu seruan babeh selama 30 menit, ternyata tidak ada seruan yang memanggil saya...., waduh gagal nih proyek isengnya dalam hati).


(tunggu lagi deh, sekiranya 30 menit lagi tidak ada seruan yang memanggil saya, berarti proyek iseng ini gagal he.. he.. he).

(baru saja… terbesit gagal proyek iseng…., tiba-tiba “Edi….!!!”

Saya : wah babeh saya manggil tuh…, berarti sesuai rencana (dalam hati)
Babeh : “Edi.......!!!” (Babeh memanggil saya dengan suara lembut)
Edi : (waduh ini suaranya doang terdengar dari jauh tapi tidak terlihat wujudnya he..he… diem aja ah tidak menyahut......(sesuai rencana)).

(3 menit pun berlalu...)

Babeh : “Edi......!!!” (loh....loh....kok suaranya makin kencang 2 x lipat dari sebelumnya, memanggil saya)
Edi : (waduh gimana nih klo babeh ngamuk-ngamuk??. Tapi gak apa-apa lah, namanya juga ngetest..., resiko bereksperiment, udah tanggung basah mending nyemplung sekalian deh...)
Babeh : “Edi......!!!” (ya ampun suaranya makin keras 4 x lipat dari yang pertama, ini mah namanya bukan memanggil, tapi teriakan orang sewot…)
Edi : (belagak tidak mendengar dan tidak menyahut sEdikit pun.... bodo' amat ^_^, sambil ngopi… srrruuuutttt…. Srruuttt…. Hmm… enak… he..he…he..)

Tiba-tiba tak disadari ada sebuah tangan besar serasa menempel di telinga saya…. Duh…duh… duh…. Aduuuuhhhh sakit….  Telinga saya ada yang menarik, duh ternyata babeh saya menarik kuping saya dan berteriak tepat sasaran di telinga saya. "budeeeeekkkkkkkk yaaaa.......!!!", (aduh ampun beh… sakit), ya ampun babeh saya ngamuk-ngamuk, padahal saya ini kan udah gede (jenggotan pula) kok masih aja diomelin babeh.....

Babeh : “budek ya…..!!!???”
Edi : “he.. he.. he......” (cengir-cengir), “Enggak beh.... cuma lg ngetest….”
Babeh : “ngetest gimana maksudnya.....!!??”
Edi : gini ceritanya beh, saya mendengar adzan (Allah memanggil kita untuk sholat), saya melihat ada yg santai-santai aja jalan ke masjid, ada yg sambil ngobrol-ngobrol sambil tertawa cekikikan, padahal Allah kan lagi manggil, bahkan ada yang pura-pura gak mendengar, main gitar, ngeroko sambil melewati masjid, ketawa ketiwi, nonton tv, masak, tidur, dll (jadi saya pengen tau gimana reaksi Allah jika Allah memanggil kita cuekin, nah dengan cara tadi beh... saya mengilustrasikannya...., babeh aja marah ketika babeh memanggil saya tetapi saya tidak menyahut, gimana Allah ya beh...??
.
Edi : sebenernya saya juga pengen ngetest babeh kaya gini juga kapan-kapan, saya pengen tau reaksi babeh gimana, klo babeh nyuruh saya bilang gini "tanggung beh..., ini lagi sibuk!!", "ntar beh... saya lagi nonton tv!!"....., "ntar ya beh... saya kan lagi tidur....!!, babeh tunggu aja dulu... sampai saya bangun ya beh....!!! (klo dipikir-pikir gimana jadinya ya beh klo saya jawab kaya gitu..... wah...... gak kebayang....)

Edi : itu kan baru babeh ya beh......!!, gimana tuh beh ceritanya klo Allah yang manggil, kita bikin kaya gitu jawabannya....??

Lihat saja kelakuan kita. Di pinggir masjid, di teras, kita masih “tega” merokok dulu, menghabiskan batang rokok yang masih tanggung kita hisap belum habis. Ada lagi orang yang jalan menuju Allah sambil ngobrol cekikikan, dan jalan dengan teramat slow. 

Ada lagi yang sudah komat, masih terima sms dan mengirim sms ke sana kemari. Ada yang kemudian sampe mengganggu jamaah yang lain sebab lupa dimatikan suara HP nya. Ada lagi yang kemudian tidak merapihkan pergelangan lengan bajunya. Ada yang mengendorkan dasinya. Ada yang mengeluarkan bajunya padahal sudah rapih sebelum masuk masjid. Dia jadi celaka, sebab dia buang air kecil sebelum wudhu. Itulah sebab ia tidak merapihkan lagi pakaiannya.

Coba, kalau sudah siap sebelum azan (sebelum Allah memanggil). Misalkan sepuluh menit sebelumnya, dua puluh sebelumnya, kan kejadian-kejadian seperti tadi tidak akan ada.

Ada yang berkata, saya ga begitu deh... Kalo ga begitu, bagus. Tapi kalo iya, mbok ya mikir. Ketika kita menghadap pimpinan, coba-coba deh sambil smsan, kalo ga ditegur kita ini? Kalau sedang rapat sama pimpinan proyek, sama klien, sama boss kita bisa konsentrasi dengan hebat, dan mendengarkan dengan seksama. Ini, ketika makmum, nguap, nguap aja. Tanda kantuk yang tidak ditahan. Subhaanallaah!

KEJADIAN  1
Allah : hayya ala sholat (ayo kita sholat)
Saya : ntar dong ya Allah, saya lagi makan nih… tanggung, Allah tunggu aja dulu ya.. setelah saya selesai makan baru saya menghadap Allah (ya ampun masa Allah di suruh nunggu)
.
KEJADIAN 2
Allah : hayya ala sholat (ayo kita sholat subuh....)
Saya : ntar ah ya Allah..... Allah gak tau apa klo saya sedang tidur...., kan saya capek abis begadang gara-gara lembur kerja.... (ya ampun.. lembur kerja prioritas utama dan Allah prioritas nomor sekian, bisa jadi tidak mendapat prioritas di diri kita)

KEJADIAN 3
Allah : hayya ala sholat (ayo kita sholat)
Saya : ssstttt.... pura-pura gak denger ah.... suara siapa sih itu berisik, mending kita nonton tv atau maen gitar lagi yuk..... (nih orang pura-pura budek atau bedek sejati yah??)

KEJADIAN 4
Allah : hayya ala sholat (ayo kita sholat)
Saya : “males ah Allah.....!!” (ya ampun, coba klo bebeh nyuruh, atau pimpinan kita nyuruh, atau bos kita nyuruh, kita bilang males...??, bisa di gantung nih ...., gimana klo Allah ya......??)

Dan tiba-tiba 10 menit sebelum adzan maghrib, di masjid Saya di putar kaset pengajian yang terdengar satu kampung......... dan serentak setelah mendengar suara pengajian di masjid......, Saya dan Babeh Saya perpandang-pandangan satu sama lain, heran seraya berfikir....., tiba-tiba kami berdua berteriak dengan kata yg sama yaitu "budekkkkkk yaaaa.....???", dan langsung kami berdua berlarian menuju kamar mandi (kamar mandinya ada 2 loh.....) untuk mandi dan siap-siap untuk sholat maghrib.... dan bertekat jangan sampai keduluan Allah yg manggil kita.... kita yang datang kepada Allah. jangan sampai Allah yang nunggu kita....!!, apalagi sampai Allah yang datang langsung ke kita untuk menjewer telinga kita…!!

Sekarang kita tanya kepada diri kita sendiri..... "kita budek atau kita pura-pura budek atau kita budek beneran.......????" jawablah pertanyaan ini dengan tingkah laku.....



SUMBER TULISAN :
Tulisan ini diambil dari Buku Berjudul "Sedekah Membabi Buta Jilid1" Penulis Edi Sutisna, buku bisa didapat di Gramedia di seluruh Indonesia

BLOG:
santunan-rutin-1000-yatim.blogspot.com
yatim-jompo-duafa-cpa.blogspot.com
1bulan-mekkah-madinah.blogspot.com
belajar-menulis-membaca-alquran.blogspot.com
kata-motivasi-edisutisna.blogspot.com

Donasi Peduli Yatim Jompo Duafa :

Rek. Mandiri : 123-00-0493453-7 an. Edi Sutiasna
Rek. BCA: 6910-2424-72 an. Edi Sutiasna
Rek. BRI: 0942-01-001519-50-5 an. Edi Sutiasna
Konfirmasi : SMS ke No 0856-1250-882 (Ketik "Nama + alamat +

jumlah transfer + ketik DAKWAH 100% ALLAH)

Info :
Tlp/SMS : 0856-1250-882
WhatsApp : 0888-1450-670
BBM Pin:7568916D atau BBM Pin:595A4A68

Dokumentasi foto dan Video di website :
www.club-pecinta-alquran.com
www.gerakkan-sedekah-membabibuta.com
www.dokumentasi-cpa.com
www.youtube.com/user/EdiSutisnakerens/videos
www.dailymotion.com/edi-sutisna












Created by. Edi Sutisna

Tidak ada komentar:

Posting Komentar