Rabu, 11 Oktober 2017

Sulusi Bagi Mereka Yang Bermasalah


Sulusi Bagi Mereka Yang Bermasalah





SubhanAllah….
Seluruh manusia (tanpa terkecuali). Hidup di dunia tidak akan pernah lepas dari berbagai masalah, masalah pasti ada, masalah pasti datang dan silih berganti.

Hanya penghuni surga lah yang disana tidak ada satu pun masalah, yang ada hanyalah Kenikmatan…. Kenikmatan dan Kenikmatan yang menyelimuti hari-hari kita, mau?… 

Masalah ialah sesutu yang wajar, yang tidak wajar justru orang-orang yang tidak mempunyai masalah, kok bisa?? Ya iya lah…, ini orang apa bukan?? Kok tidak mempunyai masalah??

Masalah ialah seuatu yang wajar, yang tidak wajar ialah, ketika kita menghadapi masalah, kita merasa berputus asa, kita merasa sendiri, kita merasa tidak kuat dengan masalah, kita merasa frustasi, kita merasa ….. kita merasa ….. kita merasa ….. kita merasa…, sampai akhirnya kita merasa tidak memiliki Allah.... (ini adalah masalah yang sesungguhnya).

-          Kita tidak tahu bahwa segala sesuatu atas kehendak Allah…
-          Kita tidak faham bahwa segala sesuatu atas kemauan-Nyya Allah.
-          Kita tidak mengerti bahwa justru dengan kasih sayang Allah lah kita diberikan suatu masalah yang ujungnya adalah dapat membentuk pribadi-pribadi kita yang kokoh dan hebat.
-          Kita tidak menyadari bahwa setiap satu masalah pasti di apit oleh dua kemudahan.
-          Kita tidak mengerti, justru dengan adanya suatu masalah, kita akan bertambah semakin dewasa dan naik tingkatan derajatnya.
-          Kita tidak yakin bahwa Allah lah yang menciptakan suatu masalah untuk kita dan Allah sangat tahu benar kapasitas kemampuan kita, dan tidak mungkin Allah memberikan suatu masalah jika kita tidak sanggup dan tidak mampu menyelesaikan masalah tersebut.
-          Kita tidak percaya bahwa hanya Allah lah yang memberi kita suatu masalah dan hanya Allah juga lah yang dapat mengangkat masalah-masalah kita.

SubhanAllah….
-          Ada orang yang bingung dengan masalah keuangan yang selalu kurang terus.
-          Ada orang yang stress ketika mendapat masalah hutang dan piutang.
-          Ada orang yang ngebet dan pusing sampai sekarang belum mendapatkan jodoh dengan segera.
-          Ada orang yang khawatir ketika lama tidak dikasih keturunan.
-          Ada orang yang minder ketika dikasih penyakit dalam dirinya dan merasa berbeda dari lainnya.
-          Banyak anak-anak yang frustasi ketika tidak lulus ujian sekolah
-          Ada orang……, Ada orang……, Ada orang……, Ada orang…… wah macem-macem dan beraneka ragam masalah-masalah muncul….

Yang harus digaris bawahi oleh kita semua ialah “Khas sekali bagi orang-orang yang memang jauh dari Allah, selalu saja diliputi dengan masalah-masalah yang teramat berat”, mereka mencari berbagai solusi dengan berbagai macam cara yang mereka fakir dapat menyelesaikan masalah-masalahnya, tetapi akhirnya menjadikan mereka terdampar dalam lubang yang sangat sempit dan buntu, tetapi yang mereka lakukan malah justru akan membah mereka semakin terpuruk, terjepit dan terhimpit dengan solusinya sendiri. Sungguh.., andai kita tahu ini semua “bukanlah sebuah solusi yang kita cari”, bukanlah sebuah solusi yang kita butuhkan, melainkan ‘Allah lah yang harus kita cari dan kita kejar’ (karena hanya Allah lah yang bisa mengangkat semua masalah, tidak ada yang lain).

Suatu hari...., ketika perusahaan saya mengalami jatuh bangkrut dan mengalami kerugian puluhan juta rupiah., perasaan saya saat itu tidak karuan, serasa semua orang, tidak ada lagi persoalan yang lebih berat kecuali persoalan yang saya rasakan saat itu.

Saya datang bercerita kepada paman saya (karena saya malu bercerita kepada kedua orang tua saya..)

Paman saya memegang kedua tangan saya dengan sangat kencang, dan mengelus-elus kepala saya, yang serasa amat panas badan saya dan menggigil. (yang saat itu, saya bersimpuh didepannya seraya menangisi diri saya sendiri dengan tertunduk teramat malu....).

Beliau berkata kepada saya yang masih memegang kencang kedua tangan saya : “yang kamu butuhkan bukanlah solusi wahai Edi sang pengusaha, yang kamu butuhkan ialah Allah, kejar Allah sekarang, bereskan sholatmu, kalau kamu mau semua masalah-masalah segera dibereskan oleh Allah, perbaiki hubungan kamu dengan Allah agar Allah berkenan memperbaiki hidup kamu, insya Allah masalah-masalah kamu akan Allah bereskan, dan hidupmu akan Allah perbaiki.....”

Hati saya tersentak, Seketika itu juga saya langsung lari menuju masjid untuk sholat taubat (memohon ampun kepada Allah). dan berangsur-angsur masalah saya benar-benar diselesaikan oleh  Allah...... (itulah kejadian sekitar 3 tahun yang lalu yang terjadi pada saya....)

SubhanAllah… setelah kejadian itu, saya merasa menjadi seorang manusia baru yang lebih tegar, saya menjadi seorang yang penuh percaya diri, saya menjadi sangat kuat, saya menjadi memiliki pengalaman berharga dan masih banyak lagi hikmah yang saya dapat dari kejadian 3 tahun lalu, dan yang lebih penting dari semua itu ialah sekarang saya mempunyai Allah yang mengiringi saya disetiap hidup dan langkah saya…

Bagi orang-orang yang bermasalah…, saya mempunyai solusi untuk diri pribadi saya…, ini saya pegang benar ilmu dari paman saya ini : “
yang kamu butuhkan bukanlah solusi, tetapi yang kamu butuhkan ialah Allah

Biarkan Allah yang akan memberi solusi untuk kita, jangan kita yang mencari solusi, karena solusi yang kita punya ialah tidak dapat membuat segalanya baik, justru akan menambah-nambah keburukan yang sudah ada, sedangkan Allah lah yang dapat mengangkat segala kesusahan kita.

Biarkan Allah yang mengurus semua masalah-masalah kita, dengan cara-Nya yang terbaik dan tercepat….

Bereskan saja sholat-sholat kita, insya Allah masalah-masalah kita akan dibereskan oleh Allah… Perbaiki saja sholat kita… dan insya Allah, Allah akan memperbaiki kehidupan kita. Perbaiki hubungan kita kepada Allah, dan Allah pasti akan memperbaiki seluruh episode kehidupan kita.

(dalil bahwa ‘yang kita butuhkan bukanlah solusi tapi yang kita butuhkan ialah Allah’) : “Sesiapa yang bertaqwa kepada Allah, maka Allah akan jadikan jalan-jalan keluar dari setiap kesulitannya dan menghadiahkannya dengan rizki yang tiada ia sangka-sangka. Dan barangsiapa yang memasrahkan dirinya maka Allah akan mencukupkannya. Allah meliputi semua urusan. Sungguh Allah telah jadikan segala sesuatu itu ada ukurannya”. (Qs. ath Thalaaq: 2-3)

Rasulullah saw : “sesungguhnya tidaklah engkau meninggalkan sesuatu karena takut kepada Allah keciali Allah akan memberimu (sesuatu) yang lebih baik daripadanya.”(HR. Ahkad dan Al-Baihaqi, hadist shahih)

Kalau kita ingin dimuliakan oleh orang lain, maka muliakan lah Allah perbaiki hubungan kita dengan Allah selama ini. ‘Ngebut ibadah ke Allah’, jangan sekedar ibadah-badahan. Apalagi ibadah yang asal-asalan, bagaimana mungkin kita disayang sama Allah kalau kita nya sendiri tidak sayang dengan Allah. Bagaimana mungkin kita didahulukan oleh Allah jika kita tidak mendahulukan Allah. (bahkan sering kali, atau bahkan teramat sering, Allah kita jadikan prioritas terakhir didalam kehidupan kita, hayo ngaku??…), perbaikilah tingkah laku kita dengan Allah.

TIPS KHUSUS MENDEKAT KE ALLAH (Lewat jalan Tol)
Ini saya ada tips khusus untuk diri pribadi saya, yang ini juga saya diberi oleh guru saya, tips mendekat kepada Allah, (tips ngebut menuju Allah), insya Allah jika dijalankan banyak manfaatnya….

Riyadhah 40 Hari
“Sesiapa yang berjalan menuju Allah, Allah akan berlari menuju dia”.
-          Jaga Shalat Tahajjud 8 Rakaat + Witir 3 Rakaat.
-          Jaga Shalat Shubuh, Zuhur, Ashar, Maghrib, dan Isya. (Khusus soal shalat, terkandung di dalamnya menjaga berjamaah, di masjid, lengkap dengan qabliyah dan ba'diyahnya. Juga Sunnah Tahiyyatul Masjid, sebagai tanda kita datang sebelum Allah memanggil kita, azan/pra-ontime).
-          Jaga Waaqi'ah sesudah shubuh atau sesudah ashar (boleh pilih).
-          Jaga Shalat dhuha 6 Rakaat. Yang kuat, 12 rakaat.
-          Baca zikir usai shalat, plus yaa fattaah yaa rozzaaq 11x, plus ayat kursi, plus qulhu 3x. Ini setiap usai shalat.
-          Khusus usai shalat shubuh dan ashar, ditambah 4 ayat terakhir surah al Hasyr.
-          Jaga setiap hari membaca 300x laa hawla walaa quwwata illaa billaah. Boleh 100x. Dan boleh dibagi-bagi di 5 waktu shalat.
-          Jaga setiap hari baca Istighfar 100x.
-          Jaga setiap hari baca subhaanallaahi wabihamdihi subhaanallaahil 'adzhiem 100x pagi dan 100x sore. (Boleh habis dhuha dan habis ashar/jelang maghrib).
-          Jaga setiap hari baca Yaasiin (bebas waktunya kapan saja, yang penting 1hr 1x).
-          Tutup malam dengan shalat sunnah 2 rakaat; baca Qulyaa di rakaat pertama, Qulhu di rakaat kedua. Setelahnya baca salah satu dari as Sajdah, Tabaarok, atau ar Rohmaan.

Jaga ini selama 40 hari. Berjuang ya. Terutama shalat tepat waktu, di masjid, plus qabliyah ba'diyahnya. Barengi dengan Puasa Daud supaya enteng.
Semoga Allah menyegarkan badan kita semua, menyehatkan kita semua. Yah, dihitung-hitung daripada lembur tidak karuan, kerja rodi tidak keruan dalam mencari rizki, dan daripada berobat ke rumah sakit. Mending ngelakuin riyadhah deh. Ampuh banget-banget. Kepada Allah dan untuk Allah kita lurusin niat kita ya. Amin. 

Doakan juga penulis yah… Assalamu’alaikum wrwb.

SUMBER TULISAN :
Tulisan ini diambil dari Buku Berjudul "Sedekah Membabi Buta Jilid1" Penulis Edi Sutisna, buku bisa didapat di Gramedia di seluruh Indonesia

BLOG:
santunan-rutin-1000-yatim.blogspot.com
yatim-jompo-duafa-cpa.blogspot.com
1bulan-mekkah-madinah.blogspot.com
belajar-menulis-membaca-alquran.blogspot.com
kata-motivasi-edisutisna.blogspot.com

Donasi Peduli Yatim Jompo Duafa :

Rek. Mandiri : 123-00-0493453-7 an. Edi Sutiasna
Rek. BCA: 6910-2424-72 an. Edi Sutiasna
Rek. BRI: 0942-01-001519-50-5 an. Edi Sutiasna
Konfirmasi : SMS ke No 0856-1250-882 (Ketik "Nama + alamat +

jumlah transfer + ketik DAKWAH 100% ALLAH)

Info :
Tlp/SMS : 0856-1250-882
WhatsApp : 0888-1450-670
BBM Pin:7568916D atau BBM Pin:595A4A68

Dokumentasi foto dan Video di website :
www.club-pecinta-alquran.com
www.gerakkan-sedekah-membabibuta.com
www.dokumentasi-cpa.com
www.youtube.com/user/EdiSutisnakerens/videos
www.dailymotion.com/edi-sutisna












Created by. Edi Sutisna
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar